Selasa, 01 Agustus 2017

Perangkat Multimedia

ETIMOLOGI MULTIMEDIA

Definisi Multimedia
Pengertian multimedia secara etimologi (menurut kamus/ensiklopedi) berasal dari dua kata “MULTI” dan “MEDIUM”. Yang berarti : MULTI (Latin noun) bermacam-macam, banyak
MEDIUM (Latin) : Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
MEDIUM (American Heritage Electronic Dictionary, 1991) : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi

Secara terminologi (menurut istilah) Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa, menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.

Beberapa definisi menurut para ahli :
a. Kombinasi dari computer dan video (Rosch, 1996)
b. Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996)
c. Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2001
d. Multimedia dalam konteks computer Hofstetter, 2001 adalah:
Pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan Multimedia adalah penggunaan beberapa media untuk membawa, menyajikan dan mempresentasikan informasi dalam rupa teks, grafik, animasi, audio, video secara kreatif dan inovatif. Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya.

Kategori Multimedia
Istilah multimedia muncul melalui media masa diawal 1990. Istilah ini dipakai untuk menyatukan teknologi digital dan analog dibidang entertainment, publishing, communications, marketing, advertising, dan juga commerce. Multimedia merupakan  penggabungan dua kata ”multi” dan “media”. Multi berarti “banyak” sedangkan media atau bentuk jamaknya berarti medium.

ARTISTIS IDEA              >          MEDIUM         >         AUDIENCE
SERVER                      >          NETWORK       >         CLIENT
SIGNAL                        >          CONDUIT          >        RECEIVER

Jadi medium adalah entitas yang dilewati oleh sesuatu. Contohnya medium artistic (lukisan, sculpture) adalah kendaraan para artis untuk menyampaikan idenya. Contoh lainya adalah “media masa” yaitu kanal komunikasi dan informasi. Sehingga multimedia dapat didefinisikan menjadi dua kategori yaitu multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut:

Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi.Dalam kategori ini media yang digunakan  adalah :
·                Media Teks
·                Media Audio
·                Media Video
·                Media Animasi
·                Media Graph / Image
·                Media Interactivity
·                Media Special Effect

Multimedia communication
Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak,danInternet,untuk  mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
·           TV
·           Radio
·           Film
·           Cetak
·           Musik

Perangkat Keras Multimedia
Perangkat keras multimedia merupakan alat pengolah suatu teks, audio, gambar, video atau animasi yang dapat berjalan secara otomatis dan elektronis.
Unsur – unsur perangkat keras multimedia antara lain unit input, cpu, storage dan unit output.
            Unit input :
Unit masukan  adalah  peranti  tempat  untuk memasukkan  data  dan  program  yang  akan  diproses  di dalam komputer multimedia.
Contoh yang termasuk unit input :
Keyboard
Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
Papan ketik / keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.
Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.
Webcam
Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web kadang-kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.
Cara kerja webcam :
Sebuah web camera yang sederhana terdiri dari sebuah lensa standar, dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar; casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar; kabelsupport, yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera. Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Ada beberapa metode penyiaran, metode yang paling umum adalah software merubah gambar ke dalam bentuk file JPEG dan menguploadnya ke web server menggunakan File Transfer Protocol(FTP).
Frame rate mengindikasikan jumlah gambar sebuah software dapat ambil dan transfer dalam satu detik. Untuk streaming video, dibutuhkan minimal 15 frame per second (fps) atau idealnya 30 fps. Untuk mendapatkan frame rate yang tinggi, dibutuhkan koneksi internet yang tinggi kecepatannya. Sebuah web camera tidak harus selalu terhubung dengan komputer, ada web camera yang memiliki software webcam dan web server bulit-in, sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet. Web camera seperti ini dinamakan “network camera”. Kita juga bisa menghindari penggunaan kabel dengan menggunakan hubungan radio, koneksi Ethernet ataupun WiFi
Scanner
Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
·         pemindai gambar
·         pemindai barcode
·         pemindai sinar-X
·         pemindai cek
·         pemindai logam
·         pemindai Optical Mark Reader (OMR)
·         pemindai 3 Dimensi
CPU
Unit Pengolah Pusat (UPP) (bahasa InggrisCPU, singkatan dari Central Processing Unit), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak dan juga Merupakan pusat kendali sistem komputer
Komponen CPU :
·         Unit kontrol
·         Register
·         ALU
·         CPU Interconnections
            Unit Output
1.    Printer
2.    Monitor
3.    Ploter

Perangkat Lunak Multimedia

Perangkat lunak (software) multimedia ini digolongkan menjadi (3) tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
BahasaPemrogramanMultimedia 
Bahasa Pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer dalam membuat aplikasi multimedia. Bahasa Pemrograman atau sering disebut dengan istilah bahasa komputer adalah instruksi standar yang digunakan untuk memerintah/menjalankan komputer.
Contoh: Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.

PerangkatLunakSistem(OperatingSystemSoftware) 
Perangkat lunak ini terdiri dari Sistem operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus. Perangkat lunak sistem ini adalah perangkat lunak yang berfungsi menjalankan sistem komputer. Dalam segi kedudukan, perangkat lunak sistem ini memiliki posisi paling atas. Tanpa adanya perangkat lunak sistem, maka bahasa pemrograman, perangkat lunak aplikasi tidak dapat dijalankan.

PerangkatLunakAplikasiMultimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia atau  juga biasa disebut dengan istilah program aplikasi multimedia adalah aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk pengguna yang beroperasi/berkecimpung di dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan animasi. Sehingga perangkat aplikasi multimedia bisa juga disebut dengan software aplikasi yang  digunakan dalam membuat produk-produk multimedia.

Berikut ini adalah beberapa perangkat Aplikasi yang banyak digunakan dalam Multimedia:

1. Perangkat Pengolah Teks, aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan dalam multimedia misalnya aplikasi Microsoft Word, Word Star yang digunakan dengan platform Sistem operasi Windows, Aplikasi Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source mi
salnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.

2. Perangkat Lunak Grafik 2 Dimensi Perangkat lunak (software) aplikasi pengolah grafik 2Dimensi dibagi menjadi dua bagian yaitu:
§  Grafik Vector, misalnya Adobe Illustrator, Corel Draw dan Macromedia Freehand
§  Grafik Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
3.PerangkatLunak(Software)Animasi
Perangkat lunak animasi dalam multimedia dibagi menjadi dua bagian yakni :

§  Perangkat Lunak Pengolah Animasi 2 Dimensi (2D), misalnya Macromedia/ Adobe Flash.
§  Perangkat Lunak Pengolah Animasi 3 Dimensi (3D), misalnya adalah 3D Studio MAX, Blender, Maya, Softimage, LightWave.
4.PerangkatLunakAuthoringMultimedia
Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).

5. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis WebPerangkat lunak aplikasi berbasis web mrupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat produk multimedia berbasis web, sehingga aplikasi ini lebih sepesifik digunakan untuk mendesain sebuah web. Contoh aplikasi berbasis web adalah Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.

6.PerangkatLunakAplikasiEditingVideo

Perangkat lunak aplikasi editing video merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengolahan hasil dari pengambilan gambar video. Contoh dari software editing video adalah Adobe Premeire, Camtasia, Ulead Editing Video dan lainya.


 sumber:http://www.sinauilkom.com/2016/10/perangkat-lunak-multimedia.html
              http://multimediapontianak.blogspot.co.id/p/etimologi-multimedia_11.html
              https://adieflink.wordpress.com/2011/02/23/perangkat-keras-multimedia/