ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Definisi
Multimedia
Pengertian
multimedia secara etimologi (menurut kamus/ensiklopedi) berasal dari dua kata
“MULTI” dan “MEDIUM”. Yang berarti : MULTI (Latin noun) bermacam-macam, banyak
MEDIUM (Latin) : Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
MEDIUM (American Heritage Electronic Dictionary, 1991) : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
Secara terminologi (menurut istilah) Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa, menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.
Beberapa definisi menurut para ahli :
a. Kombinasi dari computer dan video (Rosch, 1996)
b. Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996)
c. Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2001
d. Multimedia dalam konteks computer Hofstetter, 2001 adalah:
Pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan Multimedia adalah penggunaan beberapa media untuk membawa, menyajikan dan mempresentasikan informasi dalam rupa teks, grafik, animasi, audio, video secara kreatif dan inovatif. Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya.
MEDIUM (Latin) : Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
MEDIUM (American Heritage Electronic Dictionary, 1991) : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
Secara terminologi (menurut istilah) Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa, menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.
Beberapa definisi menurut para ahli :
a. Kombinasi dari computer dan video (Rosch, 1996)
b. Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996)
c. Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2001
d. Multimedia dalam konteks computer Hofstetter, 2001 adalah:
Pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan Multimedia adalah penggunaan beberapa media untuk membawa, menyajikan dan mempresentasikan informasi dalam rupa teks, grafik, animasi, audio, video secara kreatif dan inovatif. Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya.
Kategori
Multimedia
Istilah multimedia
muncul melalui media masa diawal 1990. Istilah ini dipakai untuk menyatukan
teknologi digital dan analog dibidang entertainment, publishing,
communications, marketing, advertising, dan juga commerce. Multimedia merupakan
penggabungan dua kata ”multi” dan “media”. Multi berarti “banyak” sedangkan media atau bentuk
jamaknya berarti medium.
ARTISTIS
IDEA
>
MEDIUM
> AUDIENCE
SERVER
>
NETWORK >
CLIENT
SIGNAL
> CONDUIT
>
RECEIVER
Jadi medium adalah entitas yang
dilewati oleh sesuatu. Contohnya medium artistic (lukisan, sculpture) adalah
kendaraan para artis untuk menyampaikan idenya. Contoh lainya adalah “media
masa” yaitu kanal komunikasi dan informasi. Sehingga multimedia dapat
didefinisikan menjadi dua kategori yaitu multimedia content production dan
multimedia communication dengan definisi sebagai berikut:
Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan
pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and
interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan
produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan
sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media
(text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang
baru untuk tujuan komunikasi.Dalam kategori ini media yang digunakan
adalah :
· Media Teks
· Media Audio
· Media Video
· Media Animasi
· Media Graph / Image
· Media Interactivity
· Media Special Effect
Multimedia
communication
Multimedia adalah
menggunakan media (masa), seperti televisi, radio,
cetak,danInternet,untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan
material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll. Dalam
kategori ini media yang digunakan adalah :
· TV
· Radio
· Film
· Cetak
· Musik
Perangkat Keras Multimedia
Perangkat keras multimedia merupakan
alat pengolah suatu teks, audio, gambar, video atau animasi yang dapat berjalan
secara otomatis dan elektronis.
Unsur – unsur perangkat keras
multimedia antara lain unit input, cpu, storage dan unit output.
Unit input :
Unit masukan adalah
peranti tempat untuk memasukkan data dan
program yang akan diproses di dalam komputer
multimedia.
Contoh yang termasuk unit input :
Keyboard
Papan ketik (bahasa
Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk
mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak
atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
Papan ketik / keyboard terdiri atas
tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di
atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara
bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur
sebelumnya.
Ada berbagai jenis tata letak tombol
pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah
tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.
Papan ketik tipe baru biasanya
mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk
mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik
baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.
Webcam
Webcam (singkatan
dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna
keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat
melalui World Wide Web, program instant messaging, atau
aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara
umumnya, sehingga kata web kadang-kadang diganti dengan kata lain yang
mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang
memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan
pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk
memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung
berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video
digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun
port COM.
Cara kerja webcam :
Sebuah web camera yang sederhana
terdiri dari sebuah lensa standar,
dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar; casing (cover),
termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan
memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan
gambar; kabelsupport, yang dibuat dari bahan
yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung
satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan
ketinggian, arah dan sudut pandang web camera. Sebuah web camera biasanya
dilengkapi dengan software, software ini
mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam
interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Ada beberapa metode penyiaran,
metode yang paling umum adalah software merubah gambar ke dalam bentuk
file JPEG dan menguploadnya ke web server menggunakan File Transfer Protocol(FTP).
Frame rate mengindikasikan
jumlah gambar sebuah software dapat ambil dan transfer dalam satu detik. Untuk
streaming video, dibutuhkan minimal 15 frame per second (fps) atau idealnya 30
fps. Untuk mendapatkan frame rate yang tinggi, dibutuhkan koneksi internet yang
tinggi kecepatannya. Sebuah web camera tidak harus selalu terhubung dengan
komputer, ada web camera yang memiliki software webcam dan web server
bulit-in, sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet. Web camera
seperti ini dinamakan “network camera”. Kita juga bisa menghindari penggunaan
kabel dengan menggunakan hubungan radio, koneksi Ethernet ataupun WiFi
Scanner
Pemindai atau scanner merupakan
suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda,
seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada
umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai
bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
·
pemindai gambar
·
pemindai barcode
·
pemindai sinar-X
·
pemindai cek
·
pemindai logam
·
pemindai Optical
Mark Reader (OMR)
CPU
Unit Pengolah Pusat (UPP)
(bahasa
Inggris: CPU, singkatan dari Central Processing
Unit), merujuk kepada perangkat
keras komputer yang memahami dan
melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak dan
juga Merupakan pusat kendali sistem komputer
Komponen CPU :
·
Unit kontrol
·
Register
·
ALU
·
CPU Interconnections
Unit Output
1.
Printer
2.
Monitor
3.
Ploter
Perangkat
Lunak Multimedia
Perangkat lunak (software) multimedia ini
digolongkan menjadi (3) tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia,
perangkat lunak sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
BahasaPemrogramanMultimedia
Bahasa Pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer dalam membuat aplikasi multimedia. Bahasa Pemrograman atau sering disebut dengan istilah bahasa komputer adalah instruksi standar yang digunakan untuk memerintah/menjalankan komputer.
Contoh: Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
PerangkatLunakSistem(OperatingSystemSoftware)
Perangkat lunak ini terdiri dari Sistem operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus. Perangkat lunak sistem ini adalah perangkat lunak yang berfungsi menjalankan sistem komputer. Dalam segi kedudukan, perangkat lunak sistem ini memiliki posisi paling atas. Tanpa adanya perangkat lunak sistem, maka bahasa pemrograman, perangkat lunak aplikasi tidak dapat dijalankan.
PerangkatLunakAplikasiMultimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia atau juga biasa disebut dengan istilah program aplikasi multimedia adalah aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk pengguna yang beroperasi/berkecimpung di dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan animasi. Sehingga perangkat aplikasi multimedia bisa juga disebut dengan software aplikasi yang digunakan dalam membuat produk-produk multimedia.
Bahasa Pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer dalam membuat aplikasi multimedia. Bahasa Pemrograman atau sering disebut dengan istilah bahasa komputer adalah instruksi standar yang digunakan untuk memerintah/menjalankan komputer.
Contoh: Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
PerangkatLunakSistem(OperatingSystemSoftware)
Perangkat lunak ini terdiri dari Sistem operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus. Perangkat lunak sistem ini adalah perangkat lunak yang berfungsi menjalankan sistem komputer. Dalam segi kedudukan, perangkat lunak sistem ini memiliki posisi paling atas. Tanpa adanya perangkat lunak sistem, maka bahasa pemrograman, perangkat lunak aplikasi tidak dapat dijalankan.
PerangkatLunakAplikasiMultimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia atau juga biasa disebut dengan istilah program aplikasi multimedia adalah aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk pengguna yang beroperasi/berkecimpung di dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan animasi. Sehingga perangkat aplikasi multimedia bisa juga disebut dengan software aplikasi yang digunakan dalam membuat produk-produk multimedia.
Berikut ini adalah beberapa perangkat Aplikasi yang banyak
digunakan dalam Multimedia:
1. Perangkat Pengolah Teks,
aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan dalam multimedia misalnya aplikasi
Microsoft Word, Word Star yang digunakan dengan platform Sistem operasi
Windows, Aplikasi Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi
pengolah teks yang bersifat open source mi
salnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
2. Perangkat Lunak Grafik 2 Dimensi Perangkat lunak (software) aplikasi pengolah grafik 2Dimensi dibagi menjadi dua bagian yaitu:
§
Grafik Vector, misalnya Adobe
Illustrator, Corel Draw dan Macromedia Freehand
§
Grafik Image (Raster), misalnya
Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
3.PerangkatLunak(Software)Animasi
Perangkat lunak animasi dalam multimedia dibagi menjadi dua bagian yakni :
Perangkat lunak animasi dalam multimedia dibagi menjadi dua bagian yakni :
§
Perangkat Lunak Pengolah Animasi 2
Dimensi (2D), misalnya Macromedia/ Adobe Flash.
§
Perangkat Lunak Pengolah Animasi 3
Dimensi (3D), misalnya adalah 3D Studio MAX, Blender, Maya, Softimage,
LightWave.
4.PerangkatLunakAuthoringMultimedia
Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
5. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis WebPerangkat lunak aplikasi berbasis web mrupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat produk multimedia berbasis web, sehingga aplikasi ini lebih sepesifik digunakan untuk mendesain sebuah web. Contoh aplikasi berbasis web adalah Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.
6.PerangkatLunakAplikasiEditingVideo
Perangkat lunak aplikasi editing video merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengolahan hasil dari pengambilan gambar video. Contoh dari software editing video adalah Adobe Premeire, Camtasia, Ulead Editing Video dan lainya.
Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
5. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis WebPerangkat lunak aplikasi berbasis web mrupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat produk multimedia berbasis web, sehingga aplikasi ini lebih sepesifik digunakan untuk mendesain sebuah web. Contoh aplikasi berbasis web adalah Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.
6.PerangkatLunakAplikasiEditingVideo
Perangkat lunak aplikasi editing video merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengolahan hasil dari pengambilan gambar video. Contoh dari software editing video adalah Adobe Premeire, Camtasia, Ulead Editing Video dan lainya.
Perangkat Multimedia ~ Cah Mbeling >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Perangkat Multimedia ~ Cah Mbeling >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Perangkat Multimedia ~ Cah Mbeling >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK Nv